Tahukah kalian kapan nilai Pi pertama kali ditemukan?

 

Halo sobat MSClo!!

Kira-kira, kapan ya nilai Pi pertama kali dihitung?

Sekitar 250 SM, Pi (π) pertama kali dihitung oleh matematikawan terkenal bernama Archimedes dari Syracuse. Dia menggunakan teorema pythagoras untuk menentukan luas dua poligon (segi banyak), yaitu poligon yang ada di dalam lingkaran dan poligon yang dibatasi oleh lingkaran. Hasil dari perhitungannya, Archimedes hanya menemukan perkiraan bilangan, yaitu antara 31/7  dan 310/71, atau nilai rata-rata yang didapat sekitar 3,1418. 

π merupakan huruf Yunani ke16, berasal dari huruf pertama dari kata Yunani “περιφέρεια (periphery)” yang berarti keliling atau Lingkaran. Pada tahun 1768, Johann Lambert membuktikan nilai Pi adalah sebuah bilangan irasional, dan pada tahun 1882, Ferdinand Lindemann yang juga Ahli matematika terkenal membuktikan Pi adalah bilangan yang sulit dipahami. 

Nilai sekitar 3,14 maka pada tanggal 14 Maret yang berisi tiga angka besar pertama jika dinyatakan dalam susunan bulan/hari (14/3). Larry Shaw, seorang fisikawan, adalah orang pertama yang memperingati Hari π pada tahun 1988.

Sumber: https://www.brainacademy.id/blog/sejarah-nilai-dan-simbol-pi-lingkaran

#MSCNISKALA2024

#TemukanPotensiDiriTargetkanLebihTinggi


----------------------------

BIDANG KOMUNIKASI DAN INFORMASI 

MATHEMATICS STUDY CLUB 2024


instagram : msc_unnes

youtube : MSCUNNES

tiktok : msc_unnes

blogspot : mathematicsstudyclub@blogspot.com

0 Response to "Tahukah kalian kapan nilai Pi pertama kali ditemukan?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel